contoh RPP karya santri

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( R P P )

Nama Sekolah     : SMA Raudhatul Fuqara’
Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester     : XI/Ganjil
Waktu                  : 4 x 45 menit
Aspek                   : Fiqh

  1. Standar Kompetensi

Memahami hukum Islam tentang mu’amalah

 

  1. Kompetensi Dasar
  1. Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.
  2. Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
  3. Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
 

  1. Menjelaskan pengertian mu’amalah.
  2. Menjelaskan asas-asas Transaksi ekonomi dalam Islam
  3. Menjelaskan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam dan mempraktikkannya.
  4. Menerapkan transaksi ekonomi dalam jual beli.
  5. Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam.
  6. Menerapkan transaksi ekonomi dalam sewa-menyewa.
  1. Materi Pokok
    Hukum Islam tentang Mu’amalah

    • Pengertian Mu’amalah.
    • Asas-asas Transaksi Ekonomi dalam Islam dan Contohnya.
    • Penerapan Transaksi Ekonomi dalam Islam.

 

  1. Metode Pembelajaran:
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Presentasi,
  • Tanya jawab.
  1. Tujuan Pembelajaran

Siswa diharapkan mampu untuk :

  1. Menjelaskan pengertian mu’amalah.
  2. Menjelaskan asas-asas Transaksi ekonomi dalam Islam
  3. Menjelaskan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam dan mempraktikkan-nya.
  4. Menerapkan transaksi ekonomi dalam jual beli.
  5. Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam.
  6. Menerapkan transaksi ekonomi dalam sewa-menyewa.
  7. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka Terstruktur
  1. Guru menjelaskan tentang garis besar materi mu’amalah.
  2. Guru membagi kelas nenjadi kelompok-kelompok.
  3. Guru menjadi fasilitator bagi siswa saat jalannya diskusi di dalam kelas.
  4. Siswa berdiskusi membahas  Hukum Islam tentang Mu’amalah di dalam kelas.
  5. Siswa berdiskusi membahas Hukum Islam tentang Mu’amalah di luar kelas untuk mencari sumber-sumber lain.
  6. Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
  7. Siswa bertanya jawab di dalam sesi Tanya jawab presentasi.
  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    Kegiatan Awal
  • Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah       dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
  1. Kegiatan Inti
    Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
  2. Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi Hukum Islam tentang Mu’amalah :
  • Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya: Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang Mu’amalah meliputi (jual-beli, sewa menyewa, simpan pinjam , dll)?

Siapa diantara kalian yang pernah melakukan jual-beli?

  • Guru menunjuk siswa yang mengacungkan tangan bahwa siswa tersebut mengetahui dan pernah melakukan kegiatan tersebut untuk memberikan pendapatnya.
  • Guru menjelaskan Hukum Islam tentang Mu’amalah
  1. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Guru meminta siswa untuk meriview secara singkat materi yang telah di pelajari dan memberikan feed back kepada guru.
  • Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa.
  • Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
  1. Penilaian
  • Tes tertulis
  • Keaktifan dalam diskusi.

 

  1. Bahan/Sumber Belajar
  • Buku pelajaran PAI SMA kelas XI

 

 

 

 

 

Mengetahui Kepala Sekolah

_________________________
NIP/NIK:

Guru Bidang Studi

_________________________
NIP/NIK:

     

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s